Pembelajaran
Inkuiri
Inkuiri merupakan proses pembelajaran yang didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berpikir secara sistematis. Pengetahuaan bukanlah sejumlah fakta hasil dari mengingat, akan tetapi hasil dari proses menemukan sendiri. Belajar pada dasarnya merupakan proses mental seseorang yang tidak terjadi secara mekanis. Melalui proses mental itulah, diharapkan peserta didik berkembang secara utuh baik intelektual, mental, emosi, maupun pribadinya. Oleh karena itu dalam proses perencanaan pembelajaran, guru bukanlah mempersiapkan sejumlah materi yang harus dihafal, akan tetapi merancang pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat menemukan sendiri materi yang harus dipahaminya. Pembelajaran adalah proses memfasilitasi kegiatan penemuan (inquiry) agar peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui penemuannya sendiri (bukan hasil mengingat sejumlah fakta).
Inkuiri merupakan proses pembelajaran yang didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berpikir secara sistematis. Pengetahuaan bukanlah sejumlah fakta hasil dari mengingat, akan tetapi hasil dari proses menemukan sendiri. Belajar pada dasarnya merupakan proses mental seseorang yang tidak terjadi secara mekanis. Melalui proses mental itulah, diharapkan peserta didik berkembang secara utuh baik intelektual, mental, emosi, maupun pribadinya. Oleh karena itu dalam proses perencanaan pembelajaran, guru bukanlah mempersiapkan sejumlah materi yang harus dihafal, akan tetapi merancang pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat menemukan sendiri materi yang harus dipahaminya. Pembelajaran adalah proses memfasilitasi kegiatan penemuan (inquiry) agar peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui penemuannya sendiri (bukan hasil mengingat sejumlah fakta).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran inkuiri adalah pembelajaranyang
melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan yang meliputi sikap,
pengetahuan,dan keterampilan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki
sesuatu(benda, manusiaatau peristiwa), secara sistematis, kritis, logis, dan
analitis.
Karakteristik
dari Pembelajaran Inkuiri:
a.
Menekankan
kepada proses mencari dan menemukan.
b.
Pengetahuan
dibangun oleh peserta didik melalui proses pencarian.
c.
Peran
guru sebagai fasilitator dan pembimbing peserta didik dalam belajar.
d. Menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk
merumuskan kesimpulan.
Tabel 3.
Langkah-Langkah Pembelajaran Inkuiri
Tahap
|
Deskripsi
|
Tahap 1
Orientasi
|
Guru mengondisikan agar peserta didik siap melaksanakan proses pembelajaran,
menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai
oleh peserta didik, menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan
oleh peserta didik untuk mencapai tujuan, menjelaskan pentingnya topik dan
kegiatan belajar, hal ini dapat dilakukan dalam rangka memberikan motivasi
belajar peserta didik.
|
Tahap 2
Merumuskan masalah
|
Guru membimbing
dan memfasilitasi
peserta didik untuk merumuskan
dan memahami
masalah nyata yang telah disajikan.
|
Tahap 3
Merumuskan hipotesis
|
Guru membimbing peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berhipotesis dengan cara menyampaikan berbagai pertanyaan yang dapat mendorong
peserta didik untuk dapat merumuskan jawaban sementara atau dapat merumuskan
berbagai perkiraan kemungkinan jawaban dari suatu permasalahan yang dikaji.
|
Tahap 4
Mengumpulkan data
|
Guru membimbing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
dapat mendorong peserta didik untuk berpikir mencari informasi yang
dibutuhkan.
|
Tahap 5
Menguji hipotesis
|
Guru membimbing peserta didik dalam
proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data dan
informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data. Yang terpenting dalam
menguji hipotesis adalah mencari tingkat keyakinan peserta didik atas jawaban
yang diberikan.
|
Tahap 6
Merumuskan
kesimpulan
|
Guru membimbing peserta didik dalam
proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian
hipotesis. Untuk mencapai kesimpulan yang akurat sebiknya guru mempu
menunjukkan pada peserta didik data mana yang relevan.
|
Tags
Pendidikan