Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based
Learning)
Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) adalah kegiatan pembelajaran yang menggunakan Proyek/kegiatan sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas-aktivias peserta didik untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata. Produk yang dimaksud adalah hasil Proyek dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Pendekatan ini memperkenankan pesera didik untuk bekerja secara mandiri maupun berkelompok dalam menghasilkan produk nyata.
Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) adalah kegiatan pembelajaran yang menggunakan Proyek/kegiatan sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas-aktivias peserta didik untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata. Produk yang dimaksud adalah hasil Proyek dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Pendekatan ini memperkenankan pesera didik untuk bekerja secara mandiri maupun berkelompok dalam menghasilkan produk nyata.
Tabel 2.
Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Proyek
Langkah-langkah
|
Deskripsi
|
Langkah -1
Penentuan Proyek
|
Guru bersama dengan peserta didik menentukan tema/topik Proyek
|
Langkah -2
Perancangan langkah-langkah penyelesaian Proyek
|
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk merancang langkah-langkah
kegiatan penyelesaian Proyek beserta pengelolaannya
|
Langkah -3
Penyusunan jadwal pelaksanaan Proyek
|
Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan
penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancangnya
|
Langkah -4
Penyelesaian Proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru
|
Guru memfasilitasi dan memonitor
peserta didik dalam melaksanakan
rancangan Proyek yang telah dibuat
|
Langkah -5
Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil Proyek
|
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk mempresentasikan dan
mempublikasikan hasil karya
|
Langkah -6
Evaluasi proses dan hasil Proyek
|
Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan
refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas Proyek
|
Tags
Pendidikan