Pembelajaran
Penemuan (DiscoveryLearning)
Pembelajaran
penemuan (Discovery Learning) adalah pembelajaran untuk menemukan konsep, makna, dan hubungan kausal
melalui pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik.
Tiga ciri utama belajar menemukan yaitu:
(1) mengeksplorasi dan memecahkan masalah untuk menciptakan, menggabungkan dan
menggeneralisasi pengetahuan; (2) berpusat pada peserta didik; (3) kegiatan
untuk menggabungkan pengetahuan baru dan pengetahuan yang sudah ada.
Karakteristik
dari Discovery
Learning:
1)
Peran
guru sebagai pembimbing;
2)
Peserta
didik belajar secara aktif sebagai seorang ilmuwan;
3)
Bahan
ajar disajikan dalam bentuk informasi dan peserta didik melakukan kegiatan menghimpun,
membandingkan, mengkategorikan, menganalisis, serta membuat kesimpulan.
Tabel 4.
Langkah-langkah Discovery Learning
Tahap
|
Deskripsi
|
Tahap 1
Persiapan
|
Guru
Menentukan tujuan pembelajaran, identifikasi karakteristik peserta didik (kemampuan
awal, minat, gaya belajar, dan sebagainya)
|
Tahap 2
Stimulasi/pemberian
rangsangan
|
Guru dapat memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan, anjuran
membaca buku, dan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada persiapan
pemecahan masalah. Stimulasi pada tahap ini berfungsi untuk menyediakan
kondisi interaksi belajar yang dapat mengembangkan dan membantu peserta didik
dalam mengeksplorasi bahan
|
Tahap 3
Identifikasi masalah
|
Guru
Mengidentifikasi sumber belajardan memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan
dengan bahan pelajaran, kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam
bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah)
|
Tahap 4
Mengumpulkan
data
|
Guru Membantu
peserta didik mengumpulan dan
mengeksplorasi data.
|
Tahap 5
Pengolahan data
|
Guru membimbing peserta didik dalam kegiatan mengolah data dan informasi
yang telah diperoleh para peserta didik baik melalui wawancara, observasi,
dan sebagainya
|
Tahap 6
Pembuktian
|
Guru membimbing peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat untuk
membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan temuan
alternatif, dihubungkan dengan hasil
|
Tahap 7
Menarik
kesimpulan
|
Guru
membimbing peserta didik merumuskan prinsip dan generalisasi hasil
penemuannya.
|
Tags
Pendidikan
3M surgical steel vs titanium - TITanium Art
ReplyDelete3M surgical steel titanium bicycle vs titanium - The steel is premium stainless steel, with an intricate steel handle. TITanium-Armed 2017 ford fusion energi titanium Steel infiniti pro rainbow titanium flat iron · TITanium-Iron-Steel titanium spork · TITanium-Iron-Steel titanium quartz crystal · TITanium-Iron-